PETUAH-PETUAH DARI TIONGKOK
01.54 | Author: Maaf...J3lek ya...

“Makanlah bubur, jika ingin panjang umur”
Fakta : Ketika mengawali proses metabolisme di pagi hari, lambung sebaiknya tidak bekerja terlalu keras, Supaya lambung tidak ‘kaget’, makanan yang dikonsumsi pun sebaiknya adalah yang lembut & hangat. Pleh karena itu, bubur cocok dijadikan sebagai sarapan.

“Janganlah berbicara, saat mengunyah makanan”
Fakta : Gigi tidak akan bisa bekerja maksimal dalam menghaluskan makanan jika kita makan sambil berbicara. Konsentrasi alat kerja mulut, tenggorokan & kerongkongan akan terpecah, sehingga bisa membuat tersedak.

“Jangan langsung bekerja setelah makan”
Fakta : Aktivitas yang langsung dilakukan setelah makan akan membuat makana tidak tercerna dengan baik, & dapat menyebabkan ganguan saluran pencernaan.

“Jangan langsung tidur setelah makan”
Fakta : Pada dasarnya, urutan tata letak organ saluran pencernaan adalah dari atas ke bawah : mulai dari mulut, tenggorokan, lambung, usus kecil, usus besar, hingga anus. Organ pencernaan akan bekerja lebih baik jika tubuh dalam posisi duduk.

“Usap-Usaplah perut setelah makan”
Fakta : Daerah perut banyak memiliki titik akupuntur yang berhubungan dengan saluran perncernaan. Mengusap-usap perut seusai makan, sama artinya dengan merangsang titik^_^ akupuntur agar organ pencernaan dapat bekrja lebih baik lagi.

“Gunakanlah tubuhmu untuk terus bekerja, gunakan otakmu untuk terus berfikir, maka akan panjang umurmu”
Fakta : Usia tua sebenarnya tidak perlu menghalangi aktivitas hidup seseorang. Walau sudah pensiun, upayakan terus aktif melakukan berbagai aktivitas. Energi tubuh tidak akan melemah, fungsi organ tubuh akan tetap prima, & otak pun tidak akan cepat pikun.

“Usap-usaplah telingamu saat meraa kedinginan”
Fakta : Tindaan mengusap-usap telinga sampai hangat disaat kedinginan sama artinya dengan menghangatkan tubuh secara keseluruhan. Sejak dulu, daun telinga (yang bentuknya menyerupai janin di dalam kandungan), dipercaya masyarakat Tionghoa sebagai cermin kondisi kesehatan seseorang. Telinga menurut Ilmu Pengobatan Tradisional Cina, merupakan bagian tubuh yang banyak memiliki titik alarm point atau titik yang merefleksikan gangguan pada organ tubuh tertentu. Saat kita sakit kepala misalnya, coba tekan keras^_^ tepat di atas tulang lunak telinga bagian bawah ( sebelah atas lubang anting). Bagian telinga itu pasti terasa sakit. Rasa sakit itu adalah pertanda bahwa memang ada masalah dengan bagian leher atau kepala kita.
|
This entry was posted on 01.54 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: